4+ Tips untuk Pasangan LDR agar Hubungan Tidak Renggang 

Tiap orang pasti memiliki kisah cintanya sendiri dan juga tantangan yang mereka alami ketika membangun hubungan spesial dengan lawan jenis. Salah satu tantangan yang sering dialami oleh para pasangan adalah ketika mereka harus menjalani hubungan LDR. Karena itulah Anda membutuhkan tips untuk pasangan LDR karena untuk Sebagian orang, LDR bukan hal yang mudah.

LDR atau Long Distance Relationship adalah istilah untuk hubungan jarak jauh, yang terjadi ketika seseorang harus terpisah oleh jarak dengan pasangan nya karena persoalan pekerjaan, Pendidikan, dan lainnya. Long Distance Relationship kadang sangat sulit untuk Sebagian orang karena menjalani hubungan jarak jauh memiliki banyak tantangan tersendiri dalam keberlangsungan hubungan.

Tips untuk Pasangan LDR agar Hubungan Tetap Langgeng

Untuk pembahasan mengenai tips untuk pasangan LDR dan tantangannya, langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

  1. Pengertian Long Distance Relationship Talk

LDR ini adalah sebutan ketika Anda dan pasangan sedang menjalin hubungan jarak jauh yang disebabkan oleh faktor – faktor tertentu. Contohnya Anda terpisah jarak disebabkan oleh pekerjaan, pendidikan, ataupun hal lainnya. Pada pelaksanaannya hubungan LDR ini memang selalu sulit.

 Hal itu dikarenakan jarak yang ada menjadi salah satu cobaan dalam hubungan Anda. Oleh karena itulah saat menjalin hubungan LDR akan terasa berat dengan tantangannya yang bermacam – macam.

  1. Tips untuk pasangan LDR 

LDR memang berat dan penuh tantangan, karena itu berikut adalah beberapa tips untuk pasangan LDR agar hubungan Anda dan pasangan tetap kuat:

  1. Membangun Komunikasi yang Baik

Komunikasi adalah kunci utama dari keberlangsungan sebuah hubungan. Dengan adanya komunikasi yang rutin dan baik bisa menjaga kualitas hubungan selalu harmonis. Sesibuk apapun kalian, selalu sempatkan waktu untuk berkomunikasi dengan pasangan Anda. Anda dapat memanfaatkan waktu luang, seperti ketika sebelum tidur, ketika istirahat, saat libur atau waktu yang telah disepakati.

  1. Cegah Pertengkaran walaupun Itu Hal Kecil

kebiasaan komunikasi yang buruk serta tidak lancar dapat menjadi awal pertengkaran pada hubungan Anda. Oleh karena itu, tips untuk pasangan LDR yang kedua adalah menghindari perdebatan karena hal-hal kecil. Cobalah untuk saling mengerti masalah satu sama lain dan tidak memperbesar persoalan yang remeh.

  1. Tidak Terlalu Terbawa Perasaan

Cara berikutnya untuk membuat hubungan LDR selalu langgeng dan kuat, adalah dengan tidak terlalu terbawa perasaan pada persoalan kecil. contohnya ketika pasangan Anda tidak sempat menghubungi Anda karena suatu kesibukan, jangan jadikan hal itu sebagai persoalan yang besar.

Hal itu dapat menjadi retakan kecil pada hubungan jarak jauh yang Anda jalani. Tidak Cuma itu, baper (terbawa perasaan) juga bisa menjadi sebab overthinking dan jadi selalu curiga pada pasangan. Hal tersebut bisa berdampak buruk untuk hubungan LDR Anda.

  1. Tidak Negative Thinking pada Pasangan

Tips berikutnya yang bisa dilakukan saat sedang LDR adalah jangan suka berburuk sangka pada pasangan Anda. berpikir positif pada pasangan bisa membangun rasa percaya pada semua hal yang dilakukan pasangan Anda. Kepercayaan dapat dikatakan dikatakan sebuah kunci lainnya agar hubungan Anda selalu terjaga.

Rasa percaya dalam hubungan sangat penting untuk dilakukan karena dapat membangun rasa cinta lebih dalam. Membangun rasa percaya dapat dilakukan dengan cara memberi kabar tentang keadaan pasangan. Dengan menanyakan keadaan, pasangan akan merasa sedang diperhatikan dan menumbuhkan rasa sayang.

  1. Tantangan untuk Pasangan LDR
  2. Rasa Cemburu

Walaupun rasa cemburu tidak cuma muncul ketika Anda LDR-an, tapi terpisah oleh jarak dapat membuat rasa cemburu jadi sering muncul. Berada jauh dari pasangan membuat orang jadi lebih mudah curiga atau was – was karena penasaran mengenai apa yang sedang dilakukan oleh pasangan Anda. 

Kecemburuan yang muncul terus bisa menjadi racun untuk hubungan serta dapat mengganggu kepercayaan satu sama lain. Oleh karena itulah, Anda bisa membicarakan dengan pasangan untuk mencegah rasa cemburu saat berjauhan. Buatlah kesepakatan agar Anda dan pasangan bisa selalu merasa nyaman satu sama lain, tanpa perlu merasa curiga atau berpikiran negatif terus – menerus.

  1. Posesif

Rasa cemburu yang berlebihan dapat membuat seseorang jadi bersikap posesif. Biasanya pasangan yang posesif akan membatasi gerak serta aktivitas Anda, dan membuat Anda jadi tidak nyaman karena merasa dicurigai terus. Kondisi posesif tersebut akan membuat Anda dan pasangan jadi terjebak pada hubungan yang tidak sehat.

Agar Anda terhindar dari situasi itu, kendalikan sikap posesif Anda serta pasangan, dengan selalu bersikap positif. Anda dapat mulai dengan membiasakan komunikasi yang baik dan menyenangkan, saling mendukung ketika satu sama lain merasa kesepian, dan saling menguatkan ketika hubungan LDR mulai dirasa berat.

  1. Adanya Pertengkaran

Komunikasi tidak langsung yang dilakukan dari telepon, video call, ataupun media sosial, mudah terjadi kesalahpahaman. Hal tersebut akan dapat membuat pertengkaran yang terjadi.

Oleh sebab itulah, Anda dan pasangan harus menyelesaikan tiap masalah sedini mungkin. Jangan tunda membahas permasalahan sampai persoalan menjadi makin rumit. Salah satu pihak juga harus mencoba mengalah dan bersabar, ketika yang lain sedang emosional.

  1. Adanya Pihak Ketiga

Berada jauh dari sang kekasih rawan dengan godaan pihak ketiga. Hal itu disebabkan oleh rindu serta kesepian yang biasa dirasakan oleh mereka yang LDR, bisa terasa sangat berat dan menyiksa.

Mengalihkan perhatian pada hal lain dapat menjadi Langkah tepat untuk ‘membunuh waktu’. Apabila tidak berhati-hati, komunikasi dengan orang lain dapat menjadi melibatkan perasaan yang berlebihan. Dan akan menimbulkan perselingkuhan.

Untuk mencegah hal tersebut, bangun komunikasi dengan intensif agar rasa rindu dapat terobati. Tidak hanya itu, walaupun berjauhan, pasangan jadi tidak merasa kesepian terus. ciptakan sebuah komunikasi yang teratur seperti halnya ketika Anda dan pacar berdekatan.

  1. Cuek

Berbagai kesibukan yang ada sering membuat perhatian Anda atau pasangan jadi berkurang. Belum lagi adanya ritme kerja yang sibuk, Anda jadi sering merasa lelah sepulang bekerja. ketika sampai di rumah, Anda hanya mau beristirahat dan tidur. 

Akibatnya, waktu berkomunikasi dengan pasangan jadi berkurang. Dan membuat pasangan jadi merasa diabaikan dan kurang perhatian. Oleh karena itu, sempatkan untuk berkomunikasi rutin dengan media apapun agar pasangan tidak merasa kesepian.Itulah pembahasan mengenai Tips untuk Pasangan LDR dan apa saja tantangannya. LDR memang hal yang berat, oleh karena itulah Komunikasi yang baik dan teratur serta kepercayaan satu sama lain dapat menjadi sebuah kunci hubungan agar semakin kuat dan terjalin walaupun dipisahkan oleh jarak.

Taaruf ID

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 4+ Tips untuk Pasangan LDR agar Hubungan Tidak Renggang  yang dipublish pada October 22, 2022 di website Taaruf ID

Artikel Terkait