5+ Tips Membangun Hubungan dengan Mertua yang Harmonis, Anda Wajib Tahu!

Tentunya, hubungan dengan pasangan memang menjadi hal yang penting untuk dijaga dengan baik sehingga tetap harmonis. Sayangnya, tidak hanya menjaga hubungan dengan pasangan saja yang harus dilakukan jika ingin hubungan bertahan dengan lama. Anda juga harus tahu tips menjaga hubungan dengan mertua yang harmonis. Dengan begitu, tidak akan ada banyak masalah. 

Ada banyak pasangan yang gagal mendapatkan akhir bahagia karena tidak bertemu dengan mertua atau ipar yang baik. Sebenarnya, hal ini dapat bergantung pada pemikiran dan cara bersikap yang Anda miliki. Sama halnya seperti menerima pasangan Anda apa adanya, begitu juga halnya dengan menerima orangtua atau keluarga pasangan. Perlakukan mereka seperti orang tua Anda juga. 

5 Tips Membangun Hubungan dengan Mertua yang Harmonis Mudah 

Memang bukan hal yang mudah untuk diterima begitu saja oleh mertua. Bahkan, banyak yang berubah sikap ketika Anda sudah benar-benar tinggal bersama. Hal ini dikarenakan orang tua memang cenderung cerewet dan suka ikut campur karena merasa mempunyai banyak pengalaman. Anda harus menggunakan beberapa tips yang tepat berikut ini untuk menghadapi mertua: 

  1. Membangun komunikasi 

Langkah mudah yang dapat Anda lakukan adalah membangun komunikasi dengan baik. Penting halnya untuk membangun komunikasi dengan mertua setiap harinya. Anda dapat menggunakan banyak cara untuk komunikasi. Misalnya, menggunakan telepon jika sedang ada waktu kosong ketika Anda berada di luar. Hilangkan stigma buruk mengenai mertua di dalam kepala Anda dahulu. 

  1. Jaga sopan santun 

Anda juga harus menjaga sopan santun dalam bersikap dan berbicara. Bagaimanapun, mertua jauh lebih tua dari Anda dan merupakan orang tua Anda. Anda harus selalu mengingat jasa mertua yang merestui anaknya untuk menjadi pasangan Anda. Jangan membandingkan mertua dengan gaya pengasuhan orangtua Anda juga. Sudah pasti berbeda antara setiap orangtua. 

  1. Buat mertua merasa diperlukan 

Pada dasarnya, orang tua memang mempunyai perasaan manja atau ingin diperhatikan. Anda dapat mengambil hati mertua dengan membuatnya merasa dibutuhkan juga. Namun, jangan berlebihan untuk meminta bantuan atau menarik perhatian mertua. Anda dapat bertanya mengenai pendapat mertua mengenai hal sepele untuk pasangan. Misalnya, ketika memasak makan siang yang sesuai. 

Walaupun begitu, penting halnya untuk menghindari pembicaraan berkaitan dengan masalah bersama pasangan. Jangan membuat mertua tahu urusan personal Anda dengan pasangan. Hal ini dapat membuat Anda kerepotan juga. Apalagi tidak semua mertua dapat mengerti perasaan menantu. Jadi, gunakan tips membangun hubungan dengan mertua yang harmonis ini secara tepat. 

  1. Cari kesamaan dengan mertua 

Langkah lainnya yang dapat Anda lakukan adalah mencari kesamaan dengan mertua. Penting halnya untuk mengetahui kesamaan yang dimiliki antara satu dengan lainnya. Dengan begitu, Anda dapat melakukan aktivitas dan menghabiskan waktu bersama dengan kesamaan tersebut. Ada banyak momen dan kenangan menyenangkan yang dapat tercipta melalui kesamaan juga. 

  1. Beri perhatian kepada mertua 

Anda juga dapat menggunakan langkah mudah dengan memberikan perhatian kepada mertua secara tulus. Perhatian seperti ini menjadi hal yang sangat penting untuk orangtua juga. Anda dapat memberikan hadiah kecil ketika ulang tahun atau membelikan makanan enak ketika keluar rumah. 

Itulah beberapa tips membangun hubungan dengan mertua yang harmonis dan dapat Anda lakukan dengan mudah. Penting halnya untuk menggunakan langkah yang tepat dalam menarik perhatian mertua juga. 

Taaruf ID

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 5+ Tips Membangun Hubungan dengan Mertua yang Harmonis, Anda Wajib Tahu! yang dipublish pada October 7, 2022 di website Taaruf ID

Artikel Terkait