Pentingnya Pengecekan Kesehatan Sebelum Pernikahan dan Tesnya

Tentunya, menikah menjadi impian banyak orang karena berbagai macam alasan juga. Salah satunya adalah mendapatkan keturunan sendiri. Anda dapat menikah dengan pasangan ideal yang sudah dipilih. Jelas halnya untuk menikah, ada berbagai macam hal yang harus Anda persiapkan dengan baik dan matang. Karena itu, harus cek pentingnya pengecekan kesehatan sebelum pernikahan

Memang menjadi hal yang merepotkan untuk pengecekan kesehatan karena Anda harus bolak-balik rumah sakit. Sementara Anda masih harus mengurus vendor kemudian baju pengantin hingga ke katering dan juga jumlah tamu. Anda tidak boleh melewatkan tes kesehatan begitu saja.  Ada berbagai macam manfaat yang akan Anda dapatkan dengan melakukan tes ini. 

Ini Pentingnya Pengecekan Kesehatan Sebelum Pernikahan 

Tes kesehatan pranikah merupakan hal yang dilakukan oleh pasangan yang merencanakan pernikahan. Hampir semuanya akan melakukan tes sebelum memulai pencarian akan katering dan lainnya. Dengan begitu, dapat mengetahui kondisi kesehatan dari masing-masing juga. Jadi, ketika ada masalah tertentu, dapat langsung ditemukan solusinya. Berikut ini alasan melakukan tes: 

  • Dapat membantu dalam perencanaan program kehamilan. Semua orang jelas ingin mempunyai keturunan secepat mungkin. Tenang saja, tes ini dapat membantu Anda untuk merencanakan program jauh lebih cepat dan jelas arahnya. 
  • Dapat merencanakan kesehatan keluarga yang lebih baik. Anda akan diberikan berbagai macam panduan untuk menjalani pola hidup sehat yang tepat untuk kepentingan keluarga nantinya. 
  • Anda dapat konsultasi dengan dokter dan melakukan terapi jika ditemukan adanya penyakit yang dapat menular kepada anak atau pasangan. Biasanya memang ada penyakit genetik seperti ini. Dengan melakukan pengecekan, dapat memperoleh kontrol secara langsung dari dokter. Bahkan, dapat melakukan konsultasi dengan mudah sesuai keinginan. 
  • Bila ditemukan hal yang janggal atau mempunyai gangguan kesuburan, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan terapi juga. 

Tes yang Diperlukan 

Setelah mengetahui pentingnya pengecekan kesehatan sebelum pernikahan, Anda juga harus tahu rangkaian tes yang harus dijalani. Tidak hanya satu atau dua tes untuk mendapatkan hasil yang jelas. Ada beberapa tes yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil keseluruhan juga. Berikut ini tes yang harus dilakukan oleh calon pengantin: 

  1. Fisik dasar 

Pemeriksaan pertama harus dilakukan pada cek fisik dasar. Dokter akan melakukan pengecekan pada kesehatan Anda dan juga pasangan secara umum dulu. Ada beberapa hal yang akan dicek mulai dari yang sederhana hingga ke yang lebih detail. Biasanya, akan ada catatan untuk tinggi dan juga berat badan hingga ke kadar gula darah atau juga tekanan darah dan juga hematologi rutin. 

  1. Kelainan genetik 

Tentunya, pengecekan juga akan dilakukan pada penyakit keturunan dan juga menular. Anda dapat merencanakan kehidupan berkeluarga dengan mengetahui latar belakang penyakit keturunan yang dimiliki satu sama lainnya. Dokter akan langsung memberitahukan informasi berkaitan dengan resiko yang didapatkan dan mulai melakukan perawatan juga. 

  1. Organ reproduksi 

Tidak hanya itu saja, dokter juga akan mengecek pada bagian organ reproduksi. Untuk wanita sendiri, pemeriksaan ginekologi ini demi kepentingan mendeteksi kelainan secara dini. Ada banyak yang menyebabkan sulit hamil juga. Untuk pria sendiri, akan dilakukan analisis kualitas sperma. Demikian informasi berkaitan dengan pentingnya pengecekan kesehatan sebelum pernikahan yang harus Anda ketahui. Dengan mengecek kesehatan lebih dulu, Anda jadi memegang kunci keamanan karena melakukan perawatan dini.

Taaruf ID

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pentingnya Pengecekan Kesehatan Sebelum Pernikahan dan Tesnya yang dipublish pada October 7, 2022 di website Taaruf ID

Artikel Terkait