Doa dan Amalan Baik Dalam Mencari Jodoh Agar Disegerakan Menikah

Dalam mencari jodoh hendaknya kita sesuaikan dengan anjuran nabi Muhammad Saw untuk mencari yang soleh seperti yang tertuang dalam sabda beliau seperti berikut:

Berdoa Sesuai Ajaran

عنْ أبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمْ  قَالَ: تُنْكَحُ المَرْأةُ لِأَرْبَعٍ: لمِالِهَا، وَلِحَسَبِهَا،وَلِجَمَالِهَا، وَلِدِيْنِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكْ

Dari Abu Hurairah rhadiyallahu anhu dari Nabi Muhammad SAW, beliau berkata “Seorang perempuan dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, karena kedudukannya, karena kecantikannya, (atau) karena agamanya. Pilihlah yang beragama, maka kau akan beruntung.”

Seseorang yang mengutamakan menikah karena akan lebih beruntung karena dia soleh. Namun terkadang kita tidak pernah tahu misteri jodoh yang dikarunia kepada kita. Ada beberapa diantara kita yang lancar dikaruniakan jodoh namun ada juga yang belum.

Banyak orang yang berpendapat jodoh adalah rahasia Tuhan. Jodoh tidak akan kemana selagi kita berusaha. Jodoh itu juga harus diusahakan. Karena kalau kita tidak berusaha, bagaimana mendapatkan jodoh kan? Sudah mengupayakan beragam cara agar didekatkan jodoh namun belum berhasil? Banyak ulama berpendapat bahwa khusus bagi kamu yang memiliki hajat ingin menunaikan pernikahan terdapat beberapa doa dan amalan yang baik agar hajat ini dimudahkan oleh Allah SWT.

Keutamaan berdoa kepada Allah

Allah SWT sangat senang jika hambanya berdoa kepadanya. Keutamaan berdoa kepada Allah sesuai dengan firman Allah SWT di ayat berikut:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina. (QS: al-Ghafir:60)

Berikut beberapa doa yang team kami kumpulkan teruntuk bagi kamu yang ingin mengamalkannya

1. Doa Nabi Musa ini dibaca 7 kali setiap selesai salat subuh

رَبِّ إِنِّى لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Robbi Innī limā anzalta ilayya min khoirin faqir

Artinya: Ya Tuhanku, sungguh aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.

Selesai membaca doa itu kamu juga bisa menyertai doa tambahan seperti berikut ini:

ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

Robbanā ātinā fid dun-yā hasanah wa fil ākhirati hasanah wa qinā adzāban nār.

2.Surah Al-Anbiya ayat 89

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَ أَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِيْنَ

Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta khairul waaritsiin.

Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.

3.Surah Al-Furqan ayat 74

رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ أَزْوَاجِنِا وَ ذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzuriyyatinaa qurrota ayun

Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.

4.Surat al-Qasas ayat 24

رَبِّ إِنِّيْ لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرِ فَقِيْرٌ

Rabbi innii limaa anzalta ilayya min khoirin faqiir

Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.

5.Doa cepat dapat jodoh untuk laki-laki

Bagi kamu laki laki yang ingin mendambakan istri kamu bisa mengamalkan doa ini dengan membaca رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.

6. Doa cepat dapat jodoh untuk perempuan

Sementara untuk kamu yang perempuan, inilah doa yang dapat diamalkan supaya mendapatkan jodoh saleh kelak رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia akhirat.

Selain memanjatkan doa tersebut dengan khusyuk kepada Allah SWT kamu bisa juga mengamalkan beberapa ibadah yang dapat membantu kamu menggapai hajat yang kamu inginkan karena Allah SWT senang jika hamba Nya beribadah untuk mendekatkan diri kepada Nya.

1. Lakukan ibadah sholat tahajud secara rutin sepertiga malam.

Ibadah ini sangat disukai oleh Allah SWT bagi hambaNya yang ingin mendekatkan diri kepada Nya. Berdoa di sepertiga malam sangat makbul. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis, Shalat terbaik setelah shalat wajib adalah shalat malam. Banyak keistimewaan yang didapat setiap muslim apabila mau mengamalkan shalat tahajud. Salah satunya doa doa kita didengarkan langsung.

2. Menunaikan sholat hajat.

Sholat hajat sendiri adalah sholat yang dilakukan ketika seseorang memiliki suatu keinginan ataupun hajat. Seseorang yang menunaikan sholat ini memiliki harapan bahwa keinginannya ataupun hajatnya dijabah oleh Allah SWT. Doa doa yang berada di atas sangat pas dipanjatkan ketika kamu menunaikan sholat hajat.

3. Senantiasa menjaga wudhu membuat diri kamu enak di pandang.

Dan membuat wajah berseri seri. Wudhu membuat hati menjadi tenang dan aman dari perasaan risau. Rutinkan berwudhu setiap pagi sebelum beraktivitas.

4. Menjaga sholat 5 waktu.

Mungkin selama ini sholat fardhu kamu sering bolong bolong. Coba kamu perbaiki sholat 5 waktu, agar kamu dimudahkan jodoh. Benahi diri kamu dari segi sikap dan amalan perbuatan ke pada orang lain. Tingkatkan silahturahmi antar sesama. Dengan banyak silahturahmi niscaya doa dan harapan kita agar dientengin jodoh akan tercapai.

5. Membaca dzikir Subhanallahi wabihamdih.

Dzikir ini merupakan salah satu bentuk ibadah kita dalam upaya menjadi pribadi Soleh dan mendekatkan diri kepada Allah . Rutinkan membaca dzikir ini setiap hari sehabis sholat agar dapat menggapai keridaan dari Nya. Sehingga urusan kita lancar baik didunia maupun di akhirat kelak.

7. Membaca surat al-Quraisy setiap hari.

Surat al-Quraisy adalah salah satu surat yang dapat dijadikan sebagai doa untuk melancarkan rejeki dan mempercepat kedatangan jodoh kita. Rutinlah membaca surat ini untuk mendapatkan keberkahan kemudahan rejeki, kebahagiaan dan keamanan dari segala yang dirisaukan.

8. Membaca surat al-Insyirah. Surat al-Insyirah mengisahkan tentang bagaimana Allah senantiasa memberikan solusi dari setiap masalah yang dihadapi manusia. Surat ini juga merupakan salah satu surat yang kerap direkomendasikan untuk dijadikan sebagai doa memperlancar rejeki dan jodoh dengan cara membacanya setiap hari.

9. Berserah diri dan tetap tawakal.

Semua usaha dan Doa sudah kita panjatkan namun jodoh tak kunjung datang? maka saatnya disini kamu harus bertawakal dan menyerahkan semuanya pada Allah, yakinlah dengan ketetapannya karena mungkin Allah punya rencana terbaik buat kita.

Taaruf ID

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Doa dan Amalan Baik Dalam Mencari Jodoh Agar Disegerakan Menikah yang dipublish pada October 20, 2020 di website Taaruf ID

Artikel Terkait