Calon Pasangan yang Main-main dan Serius Bisa Dikenali, Caranya?

Mengatakan serius melalui ucapan adalah hal yang mudah, baik yang benar-benar serius atau tidak. Calon pasangan bisa saja mengaku serius, tetapi tidak menunjukkan progres apa-apa, baik perempuan atau laki-laki, kedua gender ini berkemungkinan menggantung orang lain. Biasanya mereka memiliki berbagai alasan, misalnya seperti masih tidak yakin, tetapi juga tidak mau kehilangan, jadi ketika ditanya apakah serius atau tidak mereka menjawab ‘iya’ hanya agar tidak kehilangan saja.

Meski terasa tidak adil dan tidak logis, tetapi ini memang kerap terjadi. Hati memang sulit sekali diprediksi, satu-satunya yang bisa dikenali dari keseriusan adalah apa yang dia lakukan untuk membuktikan itu.

Ketidakseriusan mudah dikenali kok dari apa yang mereka lakukan, meski begitu ketika hati sudah berharap maka kamu akan kesulitan menilainya. Tentu saja karena kamu selalu mencoba untuk positif sembari mengulur waktu memberinya kesempatan dan berharap dia bisa segera berubah.

Beberapa tanda ini adalah bukti keseriusannya, tetapi jika tidak ada satu pun hal ini pada dirinya, maka kamu perlu mengevaluasinya lagi.

1. Dia sibuk mempersiapkan diri

Calon pasangan yang benar-benar serius denganmu saat ini mungkin tidak ada waktu untuk sekadar nongkrong-nongkrong sepanjang hari dan setiap hari, sebab mereka tahu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Meski mapan bukan syarat menikah dalam agama, tetapi dia pasti akan berusaha, salah satu bukti dia berusaha adalah tidak banyak main.

Sebab, dia bukan lagi seorang anak remaja, dia sadar telah berani maju untuk mengambil tanggung jawab, jadi kesehariannya tentu menjadi lebih serius.

Baik perempuan ataupun laki-laki, mereka tahu saat sudah memutuskan untuk menerima proposal pernikahan maka itu artinya tanggung jawab mereka bertambah.

2. Tidak membuatmu bertanya-tanya

Pasangan yang serius biasanya tidak menunggu ditanya atau sengaja menghindar selama mungkin hanya karena kamu diam. Mereka akan menjelaskan rencana besar ke depannya, apa saja yang ingin dilakukan lebih dulu, meminta persetujuanmu pada rencana tersebut. Apakah kamu keberatan atau tidak, berusaha untuk menyamakan langkah, sehingga jika kamu memberikan pendapat maka dia berusaha mencari jalan tengahnya.

Jika pasangan taarufmu tidak lagi seantusias pertama kali dan bahkan sengaja menghindari topik ini, maka kamu harus menajamkan sinyal ya. Sebab, itu bisa menjadi salah satu pertanda sebetulnya dia sudah ragu. Jika bukan, mungkin saja dia sedang ada masalah di tengah sesi taaruf kalian.

Maka hal yang paling tepat adalah jangan ikut menghindar, tidak apa-apa tanyakan kepastiannya. Sebab, kalian memang ada di fase di mana jika rasanya tidak cocok maka boleh mundur, itu adalah keistimewaan taaruf, pendekatan yang terarah dan jelas. Tidak ada yang perlu dipaksakan, kan?

3. Memperkenalkanmu pada keluarganya

Salah satu tanda serius lain adalah memperkenalkanmu pada keluarganya, ini bukti jika dia ingin kamu masuk lebih dalam ke hidupnya. Berbeda dengan pasangan taaruf yang tidak serius, sudah ragu, tetapi tidak tegas dan hanya mengulur waktu, biasanya mereka juga ragu untuk mengajakmu lebih dekat dengan keluarganya.

Ini juga bisa menjadi salah satu cara mempersiapkan diri untuk memasuki keluarga masing-masing, agar lebih terbiasa.

4. Deep talk dan tertarik dengan dirimu

Pasangan taaruf yang benar-benar serius tidak akan mengajakmu membuang-buang waktu, pasti akan mengajak untuk mengobrol yang serius. Seperti rencana masa depan, apa tujuan menikah, setelah menikah masih ingin melanjutkan pendidikan atau tidak, masih ingin melanjutkan karier atau tidak. Bahkan mulai membahas masalah-masalah yang dimiliki serta kekurangan-kekurangan yang dimiliki.

Bahkan, pasangan yang serius akan langsung mengatakan masalah kesehatan mereka daripada sekadar bertemu dan saling diam atau saling melirik.

Hal ini sebetulnya bukan karena pasangan taarufmu buru-buru, tetapi karena sudah ada kemantapan, maka dia ingin tahu apakah kamu juga mantap jika sudah mengetahui semua hal penting yang harus diketahui. Bahkan dia juga mencari tahu tentang kekurangan-kekuranganmu dan bertanya pada diri sendiri, apakah masih yakin setelah mengetahuinya.

5. Melibatkanmu dalam setiap keputusan

Biasanya pasangan taaruf yang serius akan mengabari apa-apa saja perkembangan terbaru terkait taaruf kalian. Seperti bagaimana hasil diskusi dengan orang tuanya, kapan akan datang ke rumahmu, bersama siapa saja, dan sebagainya, baik secara langsung maupun melalui perantara.

Pasangan taaruf yang tidak serius biasanya akan membuatmu cemas lama sekali hanya untuk menunggu kabar darinya. Mereka yang benar-benar serius akan segera bertindak, maka biasanya kabar seperti ini tidak perlu menunggu waktu lama.

Realitasnya, taaruf hanyalah sebuah wadah bertujuan mulia yang tidak selalu berjalan lancar. Terkadang ada yang terlalu takut untuk menyatakan keraguannya dan mundur dengan terhormat. Jadi, jika kamu saat ini sedang menghadapi kebalikan dari poin-poin di atas maka ada yang perlu dipikirkan kembali.

Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini kamu bisa membedakan mana pasangan taaruf yang benar-benar serius atau tidak, tidak perlu lagi menunggu dengan hati yang cemas, segera putuskan dan jemput takdir yang sesungguhnya.

Taaruf ID

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Calon Pasangan yang Main-main dan Serius Bisa Dikenali, Caranya? yang dipublish pada August 24, 2022 di website Taaruf ID

Artikel Terkait