Kelebihan dan Kekurangan Dijodohkan Orang Tua, Silahkan Dicatat!

Kelebihan dan kekurangan dijodohkan orang tua memang perlu diperhatikan bagi para calon pengantin. Sebab, pasangan yang menikah atas dasar perjodohan biasanya tidak akan sempat mengalami masa pacaran. Bahkan, ada yang baru mengenal sifat dan karakter pasangan setelah resmi menjadi pasangan suami istri. 

Bagi Anda yang mungkin akan dan sedang dijodohkan, simak dulu kelebihan dan kekurangannya di dalam artikel berikut ini. 

Kelebihan dan Kekurangan Dijodohkan Orang Tua

Pada umumnya, momen pacaran selalu dimanfaatkan untuk saling mengenal antara satu dengan lainnya. Hal ini dilakukan sebelum melangkahkan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Namun, tidak sedikit pasangan yang dijodohkan oleh orang tuanya. Hal ini sebenarnya menimbulkan pro dan kontra. Untuk itu, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dijodohkan orang tua berikut ini. 

  1. Status Sosial Meningkat

Setiap orang tua tentunya ingin memberikan pilihan yang terbaik untuk anaknya, salah satunya adalah dengan memilihkan pasangan hidup yang dianggap tepat. Ketika melakukan perjodohan, biasanya orang tua akan memilih seseorang yang berasal dari keluarga berkecukupan dan dari latar belakang keluarga terhormat. 

Terlebih seorang laki-laki yang berasal dari keluarga dengan status sosial tinggi tentunya mampu menjamin kualitas hidup dari calon istrinya tersebut. Bahkan, untuk anak-anaknya kelak tidak akan ada masalah. Hal ini merupakan salah satu kelebihan yang bisa Anda pertimbangkan apabila dijodohkan oleh orang tua. 

  1. Memiliki Kesamaan Budaya

Agama dan budaya biasanya memang memiliki peran yang cukup besar dalam mencari pasangan hidup. Menikah dengan seseorang yang memiliki kepercayaan agama dan budaya yang sama tentunya akan memudahkan Anda untuk saling menyesuaikan diri. 

Hal ini bukan hanya berkaitan dengan pasangan saja, melainkan juga dengan keluarga besarnya. Selain itu, persamaan budaya ini juga akan membantu Anda dalam mencegah konflik terkait dengan perbedaan yang ada. 

  1. Tidak Bisa Menolak Keinginan Orang Tua

Kelebihan dan kekurangan dijodohkan orang tua selanjutnya adalah karena tidak bisa menolak keinginan dari orang tua. Jadi, biasanya Anda hanya akan bisa pasrah dengan semua keputusan yang dibuat oleh orang tua.


Pada akhirnya, pernikahan yang akan Anda jalani nantinya pun menjadi setengah hati. Bahkan, biasanya akan berjalan tanpa ada cinta di dalamnya. Selain itu, dampak buruk bagi seseorang yang dijodohkan biasanya adalah sering terjadi konflik rumah tangga hingga bisa berujung pada perceraian. 

  1. Merasa Tidak Menemukan Kecocokan

Akibat baru saling mengenal setelah menikah, maka kedua pasangan pun akan menyadari bahwa kepribadiannya tersebut tidak saling cocok antara satu dengan lainnya. Hal inilah yang pada akhirnya bisa menyebabkan pasangan suami istri sering terlibat perselisihan dan perkelahian dalam rumah tangga. 

Selain itu, biasanya pasangan yang belum mengenal satu sama lain akan menghadapi masalah terkait kepercayaan. Kurangnya rasa saling percaya inilah yang bisa menyebabkan komunikasi merenggang dan hubungan menjadi tidak harmonis

Kurangnya komunikasi ini juga bisa menjadi salah satu penyebab utama perceraian di antara pasangan yang menikah karena dijodohkan. 

Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan dijodohkan orang tua yang perlu Anda ketahui. Jadi, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu sebelum menerima keputusan orang tua untuk menjodohkan Anda dengan pasangan pilihan orang tua. Anda juga bisa mengemukakan pendapat mengenai dampak buruk perjodohan tersebut, agar orang tua bisa memahami apa ketakutan Anda pada rencana perjodohan tersebut.

Taaruf ID

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kelebihan dan Kekurangan Dijodohkan Orang Tua, Silahkan Dicatat! yang dipublish pada October 15, 2022 di website Taaruf ID

Artikel Terkait