Tips Hemat untuk Menikah, Sederhana dan Berkesan

Pernikahan merupakan suatu hal yang perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Karena momen tersebut akan selalu diingat seumur hidup. Saat ini semakin banyak vendor yang bisa menyesuaikan kebutuhan setiap calon mempelai. Untuk itu sebelum memilih vendor yang tepat, ada baiknya anda bersama pasangan terlebih dahulu mencari segala informasi mengenai vendor tersebut. Agar anda tidak kecewa dengan kinerja vendor yang tidak sesuai dengan harapan anda. Banyak pasangan yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk menggelar pesta pernikahan.

Dalam hal ini, calon mempelai perlu memprioritaskan kebutuhan apa yang perlu didahulukan. Agar tidak terkesan menghambur-hamburkan dana untuk barang yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan. Pesta pernikahan merupakan budaya masyarakat kita, namun sifatnya opsional tergantung bagaimana kita menjalaninya, misalnya kita bisa menikah dengan cara sederhana, cukup dengan SAH saja, atau dapat juga dengan mengundang Keluarga inti untuk merayakan pesta pernikahan kita.

Namun tidak ada salahnya untuk tetap merayakan pesta dengan menghemat biaya pernikahan, silahkan simak tips hemat untuk menikah berikut ini:

1. Memilih lokasi outdoor untuk melakukan pernikahan

Salah satu hal yang tidak kalah penting dalam pernikahan ialah lokasi pernikahan. Anda dan pasangan bisa memilih pernikahan dengan lokasi indoor atau outdoor. Apabila anda memilih lokasi indoor, anda perlu mempersiapkan biaya untuk menyewa gedung pernikahan beserta dekorasi pernikahan yang tentunya membutuhkan lebih banyak biaya. Sebab diperlukan adanya dekorasi pada setiap sudut gedung pernikahan. Sebaliknya jika anda dan pasangan memilih pernikahan secara outdoor, maka hal ini akan lebih menghemat biaya pernikahan anda. Karena penggunaan dekorasi yang minim dan banyak lokasi outdoor dengan biaya sewa lebih murah. 

2. Merias diri sendiri menggunakan make up milik pribadi

Tidak ada salahnya untuk melakukan make up sendiri. Dengan melihat tutorial melalui internet anda akan lebih mudah dalam melakukan make up. Cukup gunakan make up yang anda miliki atau tambahkan riasan bold pada kelopak mata untuk tampilan yang lebih mewah. Dengan begitu anda bisa menggunakan biaya rias pengantin untuk kebutuhan yang lain.

3. Meminta bantuan pada kerabat untuk mengisi acara selama pernikahan

Agar acara pernikahan berjalan lancar dan menyenangkan. Anda juga perlu menyewa pembawa acara dan pengisi acara. Bila anda memiliki kerabat yang bisa membawakan acara atau mengisi acara, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan. Selain lebih memperkecil pengeluaran, anda juga bisa memberikan kesempatan bagi kerabat anda. Sehingga secara tidak langsung anda juga membantu kerabat anda untuk lebih mengasah kemampuannya.

4. Membatasi jumlah tamu dalam undangan pernikahan

Momen pernikahan merupakan hal yang membahagiakan. Maka dari itu seseorang akan mengundang kerabatnya untuk bersama-sama merayakan hari tersebut. Karena hari pernikahan akan lebih istimewa apabila para kerabat dapat menghadirinya. Namun perlu diketahui bahwa jumlah tamu undangan sangat berpengaruh pada biaya pernikahan. Khususnya untuk urusan katering, maka dari itu ada baiknya dilakukan diskusi terlebih dahulu. Antara dua belah pihak keluarga mempelai, begitu pula dengan kerabat mempelai yang akan diundang pada acara pernikahan. Untuk mengatasi terjadinya pembengkakan biaya, anda bisa mengurangi jumlah tamu undangan. Anda dan pasangan bisa mengundang beberapa kerabat dekat saja. Hal ini tentunya akan membantu anda untuk lebih menghemat biaya pernikahan.

5. Mengelola pengeluaran untuk biaya katering

Menjalin hubungan baik dengan vendor memang diperlukan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah anda dalam menyampaikan rencana anda dan pasangan pada vendor. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa katering dapat menghabiskan dana yang tak sedikit. Anda bisa memilih vendor katering dari usaha saudara atau teman. Karena mereka tentunya sudah mengetahui apa yang anda inginkan. Di sisi lain anda juga akan dimudahkan pada saat melakukan diskusi mengenai masalah katering. Bagaimana caranya dengan biaya yang kecil namun tetap mendapatkan makanan yang enak untuk katering.

Pastikan untuk memilih menu secara detail atau sesuai dengan kebutuhan agar pengeluaran tidak menumpuk pada banyaknya menu yang dipilih. Dengan menghemat biaya pernikahan, anda dan pasangan tentunya akan lebih diuntungkan. Pasalnya kebutuhan setelah pernikahan juga tak sedikit. Untuk itu dana yang digunakan untuk pernikahan ada baiknya untuk dikelola kembali. Tips-tips di atas akan membantu anda dalam mempersiapkan hari pernikahan yang berkesan. 

Taaruf ID

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Tips Hemat untuk Menikah, Sederhana dan Berkesan yang dipublish pada June 16, 2020 di website Taaruf ID

Artikel Terkait