Tanda-tanda Apabila Sudah Siap untuk Menikah

Pertanyaan “Kapan nikah?” bisa saja menjadi beban bagi sebagian orang. Bahkan ada pula yang menjadi berusaha untuk menghindari pertanyaan tersebut. Tuntutan yang ditujukan pada seseorang bisa berasal dari lingkungan keluarga atau teman. Sehingga jalan keluar yang bisa dipilih adalah dengan menjawab atau beralasan. Namun, pada dasarnya pernikahan merupakan hal yang baik bagi setiap orang. Hanya saja beberapa orang merasa belum waktunya untuk mengambil langkah tersebut.

Keputusan untuk menikah juga perlu dipertimbangkan secara matang. Apakah anda sudah siap untuk menikah atau masih ada rencana yang perlu untuk diselesaikan terlebih dahulu sebelum menikah. Namun sebaiknya anda tidak menunda pernikahan ketika telah tiba saatnya. 

Berikut ini adalah tanda-tanda bila anda sudah siap untuk menikah:

1. Sudah mumpuni dalam mengatur keuangan pribadi

Dalam mendapatkan penghasilan, setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk mengaturnya. Penghasilan yang didapat bisa jadi tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi. Namun juga diberikan pada keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika anda sudah bisa mengatur pengeluaran dengan baik, dengan cara memprioritaskan yang penting terlebih dahulu. Maka hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu tanda bahwa anda sudah siap untuk menikah.

2. Berpikir secara kritis atau lebih dewasa

Semakin bertambahnya usia, tentu cara berpikir juga akan semakin berkembang. Dalam hal inilah nilai dari sebuah pernikahan akan dipahami dengan baik. Karena pernikahan tidak hanya sekadar menjalin hubungan antara dua insan. Melainkan lebih kepada komitmen yang harus dibangun bersama. Memahami hal tersebut sama halnya bahwa anda telah siap untuk menikah.

3. Mudah beradaptasi dalam situasi dan kondisi apapun

Terkadang seseorang menghadapi situasi dan kondisi yang tidak terduga. Apabila anda berusaha dan bisa menghadapinya dengan baik. Misalnya dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Dari segi lingkungan tempat tinggal dan orang-orang di sekitar anda. Maka hal tersebut merupakan tanda bahwa anda telah siap untuk menikah.

4. Mengambil keputusan berdasarkan logika, bukan perasaan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sebuah masalah. Katakanlah saja, ketika anda berada pada usia remaja tentu perasaan emosi akan lebih dominan pada diri anda. Sebaliknya ketika anda sudah dewasa, anda akan mencari jalan keluar dengan pemikiran kritis dan melalui pertimbangan matang terlebih dahulu.

5. Memahami betul tujuan hidup yang ingin dicapai

Hidup yang anda jalani adalah hak anda sebagai seorang insan. Anda juga berhak untuk menentukan tujuan hidup anda di masa depan. Apabila tujuan yang anda buat merupakan sesuatu yang dianggap penting bagi anda, maka hidup akan lebih terarah dan tertata dengan baik. Ketika anda telah mampu untuk menentukan tujuan anda dengan tidak terpengaruh oleh orang lain, maka dapat dipastikan bahwa hal tersebut adalah pertanda bila anda sudah siap untuk menikah.

Beberapa poin tambahan tanda-tanda anda sudah siap untuk menikah:

  • Menyadari Tanggung Jawab pada Allah dan tanggung jawab sebagai Suami atau Istri
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Siap untuk minta maaf duluan
  • Siap menerima kekurangan dan kelebihan pasangan
  • Bekal Ilmu tentang pernikahan
  • Bisa percaya terhadap pasangan
  • Bisa menyelesaikan Konflik
  • Restu dari Orang Tua
  • Siap Menekan Ego
  • Siap untuk berbagi
  • Kompeten dalam mendidik dan mengasuh Anak
  • Siap untuk menghargai pasangan walaupun dalam hal kecil (pujian-pujian ringan juga dapat menyenangkan pasangan)

Keputusan untuk menikah bersama pasangan merupakan salah satu cara atau usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memantapkan komitmen. Melalui tanda-tanda tersebut anda telah mengetahui bahwa menikah tidak hanya didasarkan pada tuntutan. Namun lebih kepada kesiapan diri dan perasaan yakin terhadap pasangan anda untuk melangkah pada jenjang yang lebih serius dari sebelumnya. Tentu saja, tanda-tanda tersebut bisa anda jadikan sebagai tolok ukur pada diri sendiri. Apabila tanda-tanda tersebut sama dengan diri anda saat ini, maka tidak menutup kemungkinan bahwa anda semakin dekat dengan pernikahan.

Taaruf ID

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Tanda-tanda Apabila Sudah Siap untuk Menikah yang dipublish pada June 6, 2020 di website Taaruf ID

Artikel Terkait