Cara Meyakinkan dan Mendapatkan Izin Orang Tua untuk Menikah

Di zaman dahulu banyak orang orang menikah diusia muda. Beda dengan zaman sekarang, zaman sekarang banyak orang memutuskan menikah di rentang usia 24-30 tahun. Banyak orang tua yang mengatakan ke anak anaknya jangan terlalu terburu buru untuk menikah. Karena banyak orang tua dimasa sekarang menginginkan anaknya untuk berkarir terlebih dahulu sebelum memantapkan diri untuk menikah.

Tuntutan zaman sekarang yang serba banyak membuat kita harus lebih mempersiapkan diri secara menyeluruh sebelum meminta izin untuk menikah. Buat kamu kamu yang telah memantapkan niat untuk menikah berikut beberapa tips bagaimana cara mendapatkan izin dari orang tua.

1. Kamu telah mandiri secara finansial

Syarat pertama yang kudu kamu penuhi adalah mandiri secara finansial. Terutama untuk kaum laki laki, amanah mencari rezeki berada di pundakmu. Usahakan kamu telah mandiri secara finansial sebelum untuk memutuskan untuk menikah, kan gak lucu tiba tiba kamu ingin menikah tapi belum mampu secara finansial. Mencari nafkah dalam berumah tangga wajib hukumnya bagi laki laki.

2. Kamu telah bersikap dewasa

Syarat kedua untuk mendapatkan izin menikah dari orang tua adalah kamu telah bersikap dewasa. Menikah diperuntukkan untuk sosok kepribadian yang telah matang dalam bertindak. Karena menikah bukan ajang main main loh sobat. Menikah itu sebuah amanah dari Tuhan. Tunjukkan bahwa kamu telah bersikap dewasa. Tinggalkan kepribadian yang masih childish/anak anak. Menjalankan kehidupan rumah tangga kelak diperlukan sikap dewasa dalam bertindak. Setiap keputusan yang diambil sangat berpengaruh kepada keluarga.

3. Mengenalkan calon pasangan kepada orang tua

Langkah ketiga yang bisa kamu lakukan adalah untuk kamu yang telah memiliki calon, jangan ragu untuk mulai memperkenalkan calon pasangan kepada orang tua. Untuk kamu yang masih penjajakan jangan lupa pilih calon pasangan yang soleh dan soleha. Jika sudah mantap dengan pilihan kamu, tak ada salahnya kamu mulai memperkenalkan mereka ke orang tuamu.

4. Menceritakan tujuan perkenalan

Setelah kamu memperkenalkan calon pasangan, beberapa saat setelah itu jika keadaan kamu sudah siap tidak ada salahnya kamu menceritakan kepada orang tua tujuan kamu memperkenalkan calon pasangan. Bilang ke orang tuamu kalau mereka adalah sosok yang akan menemani mu kelak di masa akan datang. Ungkap dengan pilihan kalimat diplomatis.

5. Bijaksana dalam mengambil tindakan

Orang tua mu akan menilai seberapa dewasa kamu dalam bertindak. Karena orang tuamu akan yakin kamu bisa menikah jika kamu telah dewasa dan bijaksana dalam bertindak. Untuk itu coba nilai dirimu terlebih dahulu apakah kamu telah dewasa dan bijaksana dalam mengambil tindakan.

6. Berbakti kepada orang tua

Sudahkah kamu berbakti sepenuhnya kepada orang tua? Apakah kamu sudah membahagiakan mereka? Berbakti kepada orang tua sebagai seorang anak wajib hukumnya dalam ajaran agama islam. Jika itu sudah mulai berlakukan kamu bisa merencanakan rencana kamu selanjutnya untuk menikah.

7. Memberitahu orang tua tentang sunnah rasul untuk menikah

Dalam riwayat hadist HR Tirmidzi, rasulullah bersabda ada tiga orang yang wajib bagi Allah menolongnya: orang yang berjihad di jalan Allah, budak yang ingin membayar pembesarannya dan seseorang yang ingin menikah untuk menjaga dirinya. Pahami dari hadis ini bahwa rasul menganjurkan kita menikah untuk menjaga diri kita dari keburukan zina.

8. Melakukan sholat istikarah

Jika telah banyak ikhtiar dilakukan, maka tugas kamu selanjutnya adalah memperbanyak melakukan sholat istikharah. Dengan sholat istikharah yakinlah Allah akan membukakan kamu jalan untuk menikah. Istikarah membuat kamu menjadi tahu apakah kamu mantap untuk segera menikah ataukah masih membutuhkan waktu untuk mempersiapkan diri sebelum hari baik itu tiba.

9. Bersabar dan berdoa

Jangan lupa bahwa menikah membutuhkan proses untuk mempersiapkannya. Sembari kamu terus berupaya mempersiapkan diri jangan lupa untuk bersabar dan berdoa. Bersabar akan ada waktunya untuk menikah di waktu yang pas. Berdoa kepada Allah swt agar keinginan kamu segera terwujud.

Taaruf ID

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Meyakinkan dan Mendapatkan Izin Orang Tua untuk Menikah yang dipublish pada May 26, 2020 di website Taaruf ID

Artikel Terkait