Jangka Waktu Ideal Dalam Proses Taaruf

Apabila anda berniat untuk melakukan taaruf ada baiknya untuk memperhatikan pula jangka waktu yang ideal. Agar proses taaruf yang anda jalani tidak berlangsung terlalu lama maupun terlalu cepat. Proses taaruf hingga menuju pada pernikahan idealnya dilakukan dalam tiga hingga empat bulan saja. Kondisikan terlebih dahulu, baik dari segi fisik maupun mental anda.

Agar proses taaruf dapat berlangsung dengan baik sesuai dengan keinginan. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mencapai jangka waktu ideal selama proses taaruf :

1. Melakukan persiapan terhadap diri sendiri

Sebelum meyakinkan pihak keluarga, ada baiknya untuk melakukan persiapan diri terlebih dahulu. Pastikan bahwa anda telah mampu untuk melakukan proses taaruf. Apabila pemenuhan kebutuhan terhadap diri sendiri dirasa telah tercukupi. Maka hal tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu faktor bagi kesiapan diri anda untuk segera memulai proses taaruf. Hal ini juga dijelaskan oleh Abdullah Ibnu Mas’ud Radhiyallahu Anhu dalam hadis berikut :Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda pada kami:

“Wahai generasi muda, barangsiapa di antara kamu telah mampu berkeluarga hendaknya ia kawin, karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa, sebab ia dapat mengendalikanmu.”(Muttafaq Alaihi)

2. Memohon restu kepada orang tua sebelum melakukan taaruf

Setelah persiapan diri sendiri dilakukan, memberitahukan niat untuk melakukan taaruf kepada orang tua juga tidak boleh ditinggalkan. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa dengan adanya restu kedua orang tua proses taaruf anda akan berjalan dengan lancar. Memberitahukan maksud anda kepada orang tua juga akan memberikan kejelasan lebih dalam mengenai niat dan tujuan anda dalam melakukan taaruf.

Jangan sampai orang tua anda tidak mengetahui sama sekali bahwa anda melakukan taaruf, padahal anda dan calon pasangan sudah cocok satu sama lain. Untuk itu memohon restu kepada orang tua harus dilakukan sebelum memulai proses taaruf.

3. Melakukan perkenalan melalui biodata diri

Dalam proses taaruf, biodata diri adalah salah satu cara agar calon pasangan anda mengetahui latar belakang anda. Penggunaan biodata dinilai lebih efisien untuk memperkenalkan diri tanpa harus bertemu secara langsung. Dengan begini anda akan lebih dimudahkan dalam mencari pasangan yang sesuai dengan kriteria anda. Tidak perlu berbelit-belit dalam memperkenalkan diri anda. Cukup beritahukan saja identitas utama serta hal-hal lain yang dirasa penting untuk dicantumkan.

4. Menemukan perantara yang sesuai untuk mencari dan berkomunikasi dengan calon pasangan

Komunikasi merupakan salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk menjaga suatu hubungan. Namun dalam proses taaruf anda sangat membutuhkan seseorang untuk dijadikan sebagai perantara atau pendamping. Hal ini dilakukan, agar komunikasi antara kedua belah pihak lebih terarah.

5. Melakukan salat istikharah

Setelah melakukan komunikasi dan bertemu satu sama lain melalui perantara, ada baiknya untuk melakukan salat istikharah. Tujuannya adalah untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dalam menjalankan proses taaruf. Apabila kedua belah pihak telah yakin dengan keputusan untuk menerima calon pasangan melalui taaruf, maka proses selanjutnya dapat dilakukan.

6. Proses peminangan terhadap calon pasangan

Ketika kedua belah pihak telah yakin dengan keputusan untuk melanjutkan proses taaruf. Maka ada baiknya agar pihak laki-laki segera meminang pihak perempuan. Proses ini juga dapat dijadikan sebagai bukti bahwa pihak laki-laki memiliki keseriusan dalam menjalani hubungan tersebut. Di sisi lain, pihak perempuan juga mengetahui kejelasan dari hubungan antara keduanya melalui proses taaruf tersebut.

7. Sampai pada pernikahan

Ketika segala proses telah berhasil dilaksanakan dengan baik, maka pernikahan bisa segera dilangsungkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa jangka waktu proses taaruf hingga menuju pada jenjang pernikahan bisa berlangsung selama tiga hingga empat bulan saja. Hal ini juga tidak terlepas dari bagaimana cara individu tersebut dalam menjalankan proses taaruf.

Jika persiapan tersebut telah berhasil dilakukan dan anda juga telah menemukan seseorang yang sesuai dengan kriteria pribadi maupun orang tua, maka proses taaruf dapat segera dilaksanakan.

Taaruf ID

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jangka Waktu Ideal Dalam Proses Taaruf yang dipublish pada August 16, 2020 di website Taaruf ID

Artikel Terkait