Milenial Harus Tahu! Ini Proses Lamaran Sesuai Syariat Islam

Hello kaum Milenial! Jatuh cinta adalah rasa yang sangat indah. Pokoknya gak bisa deh dirangkai lewat kata-kata saking indahnya. Apakah kamu saat ini sedang mengalami jatuh cinta dan ingin menikah ? Atau kamu sudah berencana untuk melamar calon pasangan kamu ? Kamu sudah tahu belum bagaimana proses lamaran sesuai syariat Islam ? Kalau kamu belum tahu, kamu bisa cari tahu disini. Pastikan kamu baca sampai bawah yaa !

Bagaimana Proses Lamaran Sesuai Syariat Islam ?

Menikah adalah moment yang paling membahagiakan bagi dua insan yang sedang kasmaran. Karena dengan menikah kamu akan selalu hidup bersama orang yang kamu cintai. Tidur bersama, makan bersama, jalan bersama, 24 jam full kamu akan melihat wajahnya. Pada era modern banyak sekali prosesi lamaran yang beraneka ragam. Lalu, bagaimana proses lamaran sesuai syariat Islam ? 

1. Pastikan hati kamu sudah mantap untuk menikah

Sebelum memutuskan untuk melamar sang kekasih hati, kamu harus memastikan dia masih sendiri. Jangan sampai kamu melamar kekasih orang lain. Kamu juga harus sudah mengenalnya dengan baik, bisa melalui proses taaruf. Dan yang paling penting hati kamu sudah mantap untuk menikah dengannya, jangan sampai ada keraguan sedikit pun. Wajib untuk sholat istikharah untuk minta petunjuk Allah swt agar diberikan yang terbaik.

2. Meminta izin kepada wanita tersebut juga walinya

Agar kamu tidak mengalami penolakan jika langsung datang melamar. Minta izinlah terlebih dahulu kepada sang wanita. Tanyakan apakah dia sudah siap untuk menikah ? Apakah dia mau menikah denganmu ? Agar kamu tidak merasa malu nantinya. Dan mintalah izin juga kepada orang tua atau wali sang wanita. Karena pernikahan tanpa restu orang tua akan cenderung bermasalah.

3. Datangi rumah calon pasangan untuk menyampaikan maksud dan tujuan

Jika sudah mendapatkan izin, baik dari calon pasangan maupun calon mertua. Segeralah untuk mendatangi rumah calon pasangan bersama keluargamu dan jangan lupa untuk membawa barang hantaran. Saat sudah masuk ke dalam rumah calon pasangan, sampaikanlah maksud dan tujuan kamu datang adalah untuk melamar. Bermusyawarah dengan pihak keluarga calon, apakah akan berlanjut ke jenjang pernikahan atau tidak.

4. Menyerahkan barang hantaran

Jika keluarga sang wanita menerima lamaran kamu, jangan lupa untuk menyerahkan barang hantaran yang kamu sudah bawa. Berikanlah barang-barang hantaran tersebut kepada sang wanita dengan disaksikan oleh seluruh anggota keluarga yang ada pada saat itu. Biasanya barang hantaran berupa perhiasan cincin sebagai simbol pengikat, bahwa sang wanita sudah ada yang meminang.

5. Penutupan proses acara lamaran

Selanjutnya adalah membahas untuk hal-hal tentang pernikahan. Akan melaksanakan pernikahan kapan, dimana, dan lain-lain. Moment ini bisa kamu gunakan untuk lebih mengenal keluarga dari calon pasangan. Agar bisa lebih akrab dan tidak canggung. Boleh juga membahas hal-hal lain diluar pernikahan. Biasanya sambil mengobrol, juga sambal menikmati hidangan yang telah disajikan oleh keluarga wanita.

Seperti itulah tahap-tahap dalam proses lamaran sesuai syariat Islam. Untuk kamu yang ingin melamar kekasih pujaan hatimu, semoga segala prosesnya dilancarkan oleh Allah swt hingga menuju jenjang pernikahan. Dan untuk yang mengalami penolakan saat proses lamaran, jangan bersedih. Mungkin dia bukan jodohmu. Percayalah Allah swt akan menggantinya dengan yang lebih baik.

Taaruf ID

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Milenial Harus Tahu! Ini Proses Lamaran Sesuai Syariat Islam yang dipublish pada January 20, 2021 di website Taaruf ID

Artikel Terkait